rokok itu jahat

iya. rokok itu jahat.

rokok mengandung kurang lebih 4000 elemen dan setidaknya 200 diantaranya berbahaya bagi kesehatan. racun utama dalam rokok adalah tar, nikotin, dan karbon monoksida. dibungkus rokok aja ada tulisannya. rokok dapat menyebabkan serangan jantung, kanker, impotensi dan gangguan kehamilan dan janin.

tapi kenapa banyak orang ngerokok? rokok itu menenangkan katanya. bisa jadi temen pas lagi kesepian. bisa bikin lupa sama masalah. dan banyak lagi.

rokok itu keren. iya. saya selalu memandang rokok itu keren. diluar segala hal buruk tentang rokok, secara fisik, bisa ngeluarin asap dr mulut itu terlihat "wah"

beberapa minggu lalu saya coba merokok. beberapa hisapan. waktu kecil saya juga pernah mencoba rokok, tapi batuk2 dan saya sudah lupa rasanya. yg kemarin sangat berkesan. efek manis dimulut, terasa segar (karena yg saya coba itu rokok menthol apaaa gitu punya nenek saya) setelah dihisap, paru-paru terasa hangat yaaa memang membuat ketagihan. tapi dalam sekali hisap saja, bau rokok langsung memenuhi rongga mulut saya. huek. sangat amat mengganggu. tidak suka sekali. itu kesan saya terhadap rokok setelah saya mencobanya beberapa hisap.



tubuh perokok. jika jijik melihatnya, wajar.




racun dalam rokok. banyak yaaaa.


saya orang yang bisa dibilang anti rokok. selalu protes jika ada yg merokok. apalagi teman saya yang merokok. apalagi jika asapnya mengenai wajah dan terhirup oleh saya. apalagi orang tua yg merokok didepan anaknya. apalagi anak-anak dibawah umur yang merokok bersama orang tuanya. apalagi anak-anak beranjak dewasa merokok bersama. apalagi perempuan.

tp saya tidak akan menjauhi teman2 saya yg merokok. hak mereka. cuma respek saya akan berkurang. rokok merusak tubuh. jika ada yg merokok berarti ia tidak menghargai dirinya sendiri. pun orang lain disekitarnya. pun orang tua yang uangnya dihabiskan untuk membeli rokok. pun sang pencipta yang menciptakan tubuh ini dengan begitu sempurna.

bagaimana seorang lelaki bisa menghargai perempuan jika ia tidak bisa menghargai dirinya sendiri?
bagaimana seorang perempuan bisa menjadi ibu yang baik, jika saat mengandung pun ia memberikan racun pada anaknya?

seperti itulah kira-kira. merokok itu mudah. enak. keren. membuat hangat. bisa menjadi teman. tapi rokok itu jahat, tidak baik. dan merusak. rokok itu murah. tapi tidak sebanding dengan racun yg dihasilkan dan menggerogoti badan kita pun badan orang disekitar kita.

rokok itu jahat. kata teman saya.
rokok itu tidak baik. kata mami saya.
kita berenti temenan kalo lo ngerokok. kata teman dekat saya.

merokok itu mudah. tapi otak kita diciptakan untuk berpikir lebih dari sekedar mudahnya merokok. tapi juga untuk memutuskan dengan sangat bijak bahwa rokok itu jahat.

-karunika
bertahan untuk tidak merokok dalam situasi dan kondisi apapun.

Comments

Popular posts from this blog

My life directly is directed by the Director..

Renjana.