Hikmah Proses Diklat BUMN

catatan khusus:

Gue tekankan disini gue bukan yang sedang atau sudah menjalani diklat ya. Gue hanya remaja perempuan menuju wanita dewasa, kebetulan baru lulus 3 bulan lalu, baru resign 1 bulan lalu, dan baru gagal masuk salah satu BUMN setelah 5 kali tes tepatnya 1 tes sebelum tes terakhir 2 bulan lalu. Meskipun begitu, alhamdulillah temen-temen gue sudah ada yang keterima di 2 BUMN berbeda dan gue mendapat cukup banyak cerita disela-sela waktu singkat mereka untuk boleh berkomunikasi dengan HP.

Secara umum buat masuk BUMN itu berlapis-lapis ya tesnya tapi gue ga mau bahas itu karena masih kecewa sama kegagalan kemarin yang kecewanya melebihi kegagalan cinta (tapi boong). 

Ketika sudah berhasil menembus lapisan tes tersebut, calon-calon-mapan-diusia-muda-bisa-nabung-buat-kredit-rumah-dan-siap-menikah-cepat ini akan diharuskan mengikuti diklat. Meskipun dapet cerita dari 2 orang di BUMN berbeda, tapi intinya sama aja prosesnya. Awal diklat calon-calon-mapan-bla-bla itu harus mengikuti proses ala ala militer. Sebenernya ga ala ala sih, beneran kaya militer. Proses ini mungkin untuk melatih kedisiplinan kali ya. Dari ceritanya sih seru, cuma pada gosong aja. But it is okay, gaji di bulan berikutnya bisa banget kok buat bayar erha khusus perawatan kulit wajah :).

Next. Ada yang namanya pleton. Ini gue kurang paham sih ya, tapi dari cerita mereka sih ini kaya semacam kelompok kecil gitu dimana selama sebulan mereka diklat (gak cuma ala ala militer), mereka akan bareng terus. Nah kebayang kan selama sebulan satu pleton yang isinya temen-temen baru itu harus berinteraksi satu sama lain secara intens. Disini adalah proses awal untuk menemukan sahabat atau teman baru, senasib, sepenanggungan. Meski begitu.....

Udah pada tahu ya kalo satu kantor itu gak boleh nikah? Jadi, meski sebulan itu waktu yang dirasa cukup bagi kalian yang mudah jatuh cinta, mudah menyayangi, mudah percaya tapi tak mudah berpaling, ini adalah saat yang krusial. Sebisa mungkin janganlah ada cinlok diantara kalian. Sangat amat harus dihindari karena udah kejadian temen gue dari BUMN A, selama sebulan itu ada yang jadian pada akhirnya. Baru jadian aja mereka udah mikir "Siapa yang nanti harus resign?" sedih :(. Padahal masa awal jadian adalah masa paling indah.

Ada juga yang cakep, ngedeketin temen gue di BUMN B. Jadi proses ini tuh bisa dimanfaatkan untuk apa aja. Banyak godaan kalo kata temen gue itu. Padahal cowonya cakep, jago main gitar plus piano tapi Alhamdulillah temen gue itu udah punya cowo dan dia setia sama cowonya meski harus LDR pas lagi sayang-sayangnya karena diklat. Ini masih mending daripada ditinggalin pas lagi sayang-sayangnya wk. 

Sebulan setelah diklat, akan ada pembidangan atau ojt dimana sepleton itu akan dipisah-pisah lokasinya alias ga barengan lagi. Ini adalah masa paling menyakitkan karena temen-temen gue itu baru aja deket sama temen satu pleton, tapi udah harus dipisah lagi dan harus dari awal lagi menjalin pertemanan. Hikmahnya dari diklat itu adalah, kalian didekatkan dengan proses antara satu dan yang lain, tapi untuk yang beda gender kalian gak boleh cinlok, dan dipisahkan lagi pas persahabatannya baru mekar sebulan kemudian. Terus buat apa dideketin? gak boleh cinlok? dijauhin lagi? Jawabannya adalah...

buat dikenalin ke temen kalian yang membutuhkan kenalan untuk masa depan yang lebih baik. Buat apalagi coba? sebulan itu waktu yang cukup buat mengenal seseorang, gimana sifatnya, kepribadiannya, bibit bebet bobotnya? karena kalian udah tau mana yang baik, yang soleh, yang single, yang asik, yang mau nikah cepet, yang bertanggung jawab, ya kenalin ke temen kalian yang juga kalian anggap baik, single, asik, mau nikah cepet cuma belum nemu yang mau nikahin gitu loh. Jadi temen kalian ini gak perlu mengenal dari awal lagi karena sudah percaya sama kalian. Win win solution. Ini akan memperlebar jaringan pertemenan antara kita :)

Well, semua ada hikmahnya ya....


-karunika

Comments

Popular posts from this blog

My life directly is directed by the Director..

Renjana.

rokok itu jahat