Kulineran di Palembang! (Part 1)

Eyyy!

Based on the title, tulisan ini khusus dibuat untuk (semoga) menginspirasi dan berbagi cerita aku serta kawan sejalur ketika menghabiskan waktu 4 hari 3 malam di Palembang. Kelompok kecil yang terpaksa terbentuk karena kesamaan kewajiban ini terdiri dari 4 orang yaitu aku sebagai delegasi Depok, temenku yang lain masing-masing dari delegasi Malang, Bontang dan Makassar. Tujuan utama ke Palembang itu adalah ikut konferens (ICECOS 2017) sebagai presenter (tsah~) dan tujuan yang lebih utama adalah kulineran! Kita berempat berasal dari kota yang berbeda-beda sehingga lidah kita ini sudah cukup representatif untuk menilai rasa tiap menu yang kita coba. 

Hari pertama 21 Agustus 2017
Sampai di Bandara Sultan Mahmud Badaruddin II sekitar pukul 08.30 pagi. Ngobrol sebentar kemudian mau langsung cabut cari makan dan kehebohan pertama terjadi. Ada demo angkot atau taksi mengenai transportasi online sehingga taksi bandara termasuk trans musi, damri beserta gocar maupun uber gak ada yang berani masuk bandara. Disini waktu yang dihabiskan lumayan lama karena harus ngehubungin seluruh kenalan di Palembang buat minta tolong jemput, dan akhirnya dijemput Bapak mertua dari temen kita yang baru semingguan nikah, kira-kira hampir jam 12an menuju Hotel Imara.

Petualangan di mulai dari sini. Setelah check in, langsung cussss!

1. Martabak Har
Lokasi : ruko sebelah hotel imara, cukup jalan kaki
Menu : martabak har (20k), nasi briyani (15k), ayam goreng har (20k)
Opini : kari martabaknya terrrbaik. Super kental bikin gak berhenti nyendokin. Nasi briyaninya ampun ya Tuhan tolong ini gak pake lauk aja udah nikmat, ditambah ayam goreng har bumbunya ngeresep ampe tulang. Cobain!

super laper jadi fotonya seadanya aja heu

minta struk ke kasir lebih nyesel daripada ngapalin harga di menu, tulisannya huhu

Martabak har disini tempatnya super tua, ada foto-foto jaman dulu si pemilik restoran jadi anggapan kalo ini martabak har tertua dan "asli" di Palembang sangat menonjol. Fyi, martabak har disini meski ga seheboh pempek tapi lumayan menjamur jadi banyak isu yang beredar entah mana yang asli beneran.

2. Pempek Vico
Lokasi : cuma ada satu di Palembang, deket PIM (Palembang Indah Mall)
Harga : pempek termahal literally but...
Opini : sebagai tamu yang diundang, ga paham gimana sebenernya tata cara penyajian pempek di Palembang. Awalnya pas habis duduk langsung disuguhin pempek rebusan seporsi.


porsi pempek yang dihidangkan

Kita cobain tapi udah dingin. Bagi penggemar pempek rebus pasti cocok sama suguhan seperti ini. Aku dan dua temen lain agak lama penasaran masa pempeknya begini doang sedangkan Pempek Vico ini direkomendasiin sama temen asli Palembang. Setelah diskusi singkat akhirnya kita pesen satu pempek kapal selam yang di goreng. Begini penampakannya...


Pempek Vico kapal selam goreng

Akal pikiran sudah kembali ke tempatnya jadi bisa foto-foto bageus kaya gitu hehe. Langsung saja disendok bung, suapan pertama semuanya terpukau ohmygod dan berseru "ini yang kita cari!". Luarnya ga begitu garing biasa aja, tapi dalemnya mateng sempurna gitu loh, telurnya pun gurih. Biasanya kan kalo pempek digoreng ampe garinggggg banget biar dalemnya mateng. Ini kaya effortless, yaudah aja gitu enaknya ga perlu diraguin. Disini kita semua sepakat kalo teknik menggoreng adalah salah satu kuntji. Setelah makan kemudian pesan minum yang direkomendasiin juga oleh khalayak yaitu Es Kacang Merah.


Es Kacang Merah Vico

Buat aku dan si penggemar tidak manis, ini awalnya sangat kemanisan tapi setelah diaduk dengan hati yang tulus dan ikhlas sehingga semua elemen-elemen es tersebut nyampur, ini enak sih :O (langsung merasa bersalah udah ngejudge). Buat yang lain tentu tidak masalah~ Palembang lagi panas-panasnya dan es ini adalah penyelamat syurgawi. Oya harga di Pempek Vico ini adalah sebagai berikut :

Terlihat cukup terjangkau ya apalagi dibagi 4 bayarnya :p


3. Kopi Pulang
Lokasi : Sebrang Hotel Imara sebelah kiri.
Harga : Americano (25k), Hot Chocolate (25k)
Opini : tempatnya kekinian banget, gak kalah sama kafe-kafe hits di Jakarta. Rasa kopinya enak wajar dan semestinya cuma termasuk mahal dengan harga segitu. Hot chocolatenya gak manis which is my fav sebenernya cuma karena tiap minum hot chocolate biasa dapet rasa rada manis jadi agak kaget aja. Kesini tujuannya buat ngerjain presentasi yang belum selesai, sisi positifnya no wifi jadi bisa fokus ke power point, sisi negatifnya ini tempat ngopi emang buat ngopi ngobrol asik bersama teman sejawat ya, jadi meja sama kursinya sejajar alias mejanya rendah sehingga rada ga nyaman kalo buat buka laptop, tapi karena aku anaknya yaudah aja ya demi presentasi selesai, lesehan aja di lantainya, nyender ke kursinya dan voila! jadi nyaman~ 


meja barista, bisa sambil liat dibikinin kopi live


4. Pempek Slamet
Lokasi : sederetan sama Kopi Pulang, keluar pintu jalan kaki ke arah kanan
Harga : ini termasuk mahal juga tapi...
Opini : sebelum kesini aku udh dapet doktrin untuk nyobain pempek kulit di Pempek Slamet ini. Dengan prinsip baru "pesen dikit aja asal nyobain semuanya", akhirnya kita pesen beberapa pempek sebagai berikut..


yhaaa cuma pesen ini aja...

jangan sedih, akan aku deklarasikan bahwa aku suka banget cuka Pempek Slamet ini. Kaya ada rasa yang nempel dan ingin nyendok lagi lagi dan lagi. Oya pempek kulitnya super gurih garing pas bentuk dan tebelnya. Teknik gorengnya kembali menjadi kuntji. Dari luar gak terlalu kering sampe kuning gitu tapi dalemnya yahut, telurnya lebih asoy daripada pempek sebelumnya. Harganya adalah....

cukup puas dengan rasanya dan harganya

Oya kalo disetiap struk ada teh tawar anget itu udah pasti aku, tapi satu gelas bisa buat bertiga kok. Hemat ya hidupnya, tentu saja.

5. Martabak Har (kedua)
Lokasi : Martabak Har ini ada disebrang Martabak Har yang pertama.
Harga : Pesen martabak har telur ayam, telur bebek dan teh tawar anget. Total 48ribu.
Opini : Martabak yang pertama udah memuaskan banget cuma manusia kan tak pernah puas ya, yaudah mampir kesini. Kuahnya disini lebih cair dan buat lidah kita ini kurang asin, jadi ditambahin kecap asin sama garem sedikit baru wahhhh mantap. Enakan telur apa ya aku lupa, haha pokoknya dua duanya enak.

Martabak Har kedua


6. Pempek Jolin
Lokasi : disebelah hotel imara, sebelum Martabak Har pertama
Harga : sedikit di bawah pempek sebelumnya
Opini : Disini kita cobain tekwan! Aku suka banget kuahnya, cocok kalo lagi batuk-batuk dan butuh yang anget-anget. Ini tempat terakhir kita sebelum balik hotel. Pantang pulang sebelum larut malam.

tekwan my lyf


Hari kedua 22 Agustus 2017

Hari kedua di Palembang adalah hari pertama konferens! Udah pada cakep, rapi mau presentasi yakan, jangan lupa sarapan agar hidup indah tanpa kelaparan. Dari semalem udah direncanain mau sarapan mie celor 26, yeah.

7. Mie Celor 26
Lokasi : di sebuah pasar deket perempatan
Harga : 15k/porsi
Opini : kentel banget bos kuahnyaaaa. Aku kebayang spaghetti yang creamy gitu seketika. Ini adalah menu sarapan ya di Palembang. Dari makanan ini kita semakin yakin bahwasanya masakan Palembang standar asinnya berbeda dgn ibukota, sehingga tiap makanan itu untuk lidahku dan yang lain, harus ditambah kecap asin lagi agar memenuhi kepuasan. Sebenernya rada kecewa disuapan pertama karena kita semua berharap ini rasanya kaya mie godog, mie jawa dan sejenisnya. Ini rasanya lebih sederhana tapi kuahnya mesti abis sih, enak soalnya haha. Beginilah mie celor...

liat coba kuahnya, kaya tenang tapi penuh misteri kan?

Nah tampilan depan tokonya kaya gini
8. Martabak Har (ketiga)
Lokasi : deretan sebelah kiri arah jembatan musi kalo dari hotel horison haha
Harga : sama kaya martabak har yang lain
Opini : martabak har ketiga ini digadang-gadang pula sebagai martabak har yang aseli di Palembang. Meskipun gak pernah kejawab yang aseli yang mana. Rasanya juga ga beda jauh sama martabak sebelumnya. Kuahnya seingetku mantep juga, ini kita cuma pesen satu porsi buat berempat. Tentu saja aku yang ngabisin potongan terakhir.

Ini potongan terakhir yang harus dibagi dua lagi karena rebutan


Hari kedua hanya sampai makan sore karena kita langsung ngegaul di jembatan musi menikmati malam, foto-foto sampe puas dan sampe waktu gala dinner di hotel tiba. Jadwal presentasi kita cuma sampe sore jadi setelah presentasi bisa langsung cabut jalan-jalan sambil nunggu dinner. Dinner outdoor di samping kolam renang, anginnya super gede fix masuk angin. Anyway, disini kita nemu menu nanas goreng, kaya pisang goreng tapi nanas. Penemuan paling memuaskan, lezat :3.

Hari ketiga 23 Agustus 2017

Hari ketiga di Palembang merupakan hari kedua konferens. Kecapean di hari pertama menyebabkan tepar di hari kedua. Sebenernya gak setepar itu, cuma butuh istirahat lebih sehingga bangun jadi lebih siang, berangkat lebih siang dan ga sempet sarapan. Sampe tempat konferens, udah jadwal coffee break wah tentu saja, kita sarapan kue dan roti yang dihidangkan. Percayalah kita menghabiskan roti sebanyak itu, laper soalnya. Jadwal berikutnya tur ke sungai musi dan pulau kemaro. Menu makan siang di atas kapal adalah nasi minyak, kaya nasi goreng rasa dan rupanya. Setelah dari tur tersebut, marilah kita menunaikan ibadah cari oleh-oleh!

9. Pempek Aan
Lokasi : jalan mujahidin
Harga : 1k/pc
Opini : di jalan mujahidin itu pempek berbagai macam merk ada semua, rata-rata seribuan. SERIBU coba bayangin....udah bertebaran banget pempek disitu. Kita pesen dalam rangka menentukan apakah ini cocok untuk dijadikan oleh-oleh atau tidak. Setelah dicoba, wahhhh ini kalo mau dilogikain ya, harga seribu mau ngarep rasa kaya gimana kan bingung awalnya. Ternyata rasanya gak beda jauh sama yang harganya lebih di atas ini. Maksudnya dengan harga seribu, ini rasanya bersaing banget. Aku rasa karena kita pertama kali nyoba pempek langsung yang mahal dan emang maknyus, jadi pas ngerasain yang seribu ini kaya udah rusak standarnya. Tetapi didukung dengan kuah pempek aan yang emang khas, jadilah kita pesen oleh-oleh disini. Jangan ditanya beli berapa, jawabannya banyak, enak dan seribuan pula :).

Fotonya gak ketemu, tapi ini ada bukti betapa pempek bertebaran di jalan mujahidin.


ini akan terlihat disepanjang jalan kenangan....(eh gimana?)


Woaaaah panjang juga postnyaaaa, kita sudahi dulu ya. Post ini akan berlanjut pada post selanjutnya yaitu Kulineran di Palembang! (Part 2), kalo udah jadi nanti dilink ya, semoga bisa secepetnya jadi~~ Kira-kira masih ada 10 menu makanan lagi yang kita coba di Palembang hehehe.

to be continued,



karunika d.


Comments

Popular posts from this blog

My life directly is directed by the Director..

Renjana.

rokok itu jahat