Kulineran di Palembang! (Part 2)

Eyyy! Akhirnya lanjutan dari kulineran di Palembang part 1 selesai juga~~
Langsung aja mari kita bahas 10 menu lagi yang kita cobain di Palembang. Sungguh Palembang ini sangat aduhay. Kebetulan pas kesana cuacanya lagi gak begitu panas. Kemana-mana kita naik transportasi online atau jalan kaki. Tepat beberapa hari kita di Palembang, lagi heboh-hebohnya bentrok antara transportasi online dan konvensional bahkan sampe ada yang meninggal, jadi kalo mau pesen yang online harus rada mencari tempat pick up yang aman, demi keamanan bersama. Kalo pun gak ada yang mau anter/jemput, kita biasanya jalan kaki cus. Stay safe everybody! Okay ini beneran mau bahas menu makanan sekarang...

10. Pempek Chaplin
Lokasi: sederetan sama pempek aan, jalan kaki rada ke dalem sedikit
Harga : 1k-2k /pc
Opini : ini yang enak pempek kulitnya. Jadi yang kita inget yang khas dari tiap merk aja. Kuahnya juga enak. Rasa pempek yang lain gak beda jauh sama merk-merk sebelumnya. Nah pempek kulit disini nempel gitu enaknya. Tapi kebetulan fotonya cuma ada foto estetik pempek kapal selamnya aja. Oya sama videonya. Gapapa yes.

ini capture-an dari story-nya temenku sungguh indah


11. Lenggang Panggang
Lokasi: antara pempek chaplin dan pempek aan, masih sederetan.
Harga : 8k/pc
Opini : Ini bukan merk pempek ya, ini jenis pempek yang dipanggang sama telor pake daun pisang. Bentuknya kotak. Dimakannya biasa pake kuah pempek. Aku ngerasanya ini kaya otak-otak gitu. Rada kenyal, enak pas lagi anget baru fresh dari panggangan.

12. Pempek Lala
Lokasi : dari pintu gapura jalan mujahidin sebelah kanan, gak terlalu kedalem
Harga : 1k/pc
Opini : Inilah pempek yang membuat kita galau dikarenakan rasanya yang nyangkut di lubuk hati. Maksudnya pempek lala ini, rasa ikannya kuat banget. Masih dalam tahap mencari oleh-oleh, beberapa temen aku beli oleh-oleh di sini, meskipun di pempek aan juga udah beli hehe. Demi kebahagiaan yang hakiki. Maaf lagi, beberapa foto gak bisa di buka huhu. Percayalah kalo pempek ini masuk list oleh-oleh kita, berarti rasa (dan harga) nya tak perlu diragukan hahaha.

13. Pindang Patin Musi Rawas
Lokasi : jalan Angkatan 45 No. 18(ini habis google) 
Harga: pindang patin 40k/porsi
Opini : harganya mahal hahaha. Sebenernya cukup layak untuk rasa pindang patinnya. Kenapa awalnya bilang mahal? Karena banyak yang bilang pindang patin di Palembang itu 15k/porsi. Cuma ini tempatnya rada fancy, cocoknya sama keluarga besar. Tapi rasanya emang enak. Kita ga protes masalah harga lagi ketika udah ngabisin seporsi. Emang cuma beli seporsi buat berempat. Tenang, aku ada fotonya. 

satu porsi pindang patin musi rawas
Oyaaa. Di sini sambelnya super mantap! Makan nasi pake kuah sama sambelnya aja udah bahagia banget. Aku suka banget menu-menu ikan di kuahin asem gini. Sumber kesenangan. 

14. Pempek Candy
Lokasi : Dimana-mana ada. Deket hotel imara ada, deket bandara ada. Paling banyak cabangnya.
Harga : 3k-35k/pc
Opini : Pempek candy ini selevel harganya sama pempek vico dan slamet. Pempek kecilnya 3.5k, pempek kapal selam 15k dan pempek lenjer besar sampe 35k. Ini pempek aku beli khusus pesenan orang rumah, maunya candy gak mau yang lain. Rasanya lebih kenyal, enak juga. Buat keluargaku cocok banget sama candy. Mungkin selera ibu-ibu kali ya haha. Disini ada menu pempek pastel, pempek isi pepaya. Harus rebutan kalo pempek pastel, karena banyak banget yang nyari dan gak tahan lama. Jujur aja aku ga kedapetan soalnya haha.

ini dia pempek candy

15. Indomie mie celor
Lokasi : di minimarket yang beruntung
Harga : <3k/bungkus
Opini : Nahhh indomie mie celor ini konon katanya cuma ada di Palembang. Aku pun baru tahu kalo indomie bikin rasa khas yang cuma ada di kota tertentu. Mumpung lagi di Palembang, langsung kita cari di minimarket, ternyata gak semua minimarket ada stoknya. Ini kita dapet di minimarket sebelah hotel. Rasanya mirip banget mie celor. Harusnya kuahnya jangan terlalu banyak, biar agak kental. Berhubung aku masaknya di dalem teko di kamar hotel, airnya kebanyakan, mie nya kematengan, jadi kurang afdol. Kalo masaknya lebih bersabar dijamin enak!

Hari Keempat 24 Agustus 2017

Yeaaaay! Hari keempat gak ada agenda lain selain kulineran terakhir dan ngambil oleh-oleh yang udah dipesan hari sebelumnya. Flight kita sekitar jam 3.30an jadi kita punya waktu setengah hari untuk menceklis makanan apa aja yang wajib di coba kalo ke Palembang~

16. Warkop Medina
Lokasi : pasar kuto
Harga : 10k/porsi
Opini : WAAAAHHH....ini warkop udah direkomendasiin sama banyak temen. Jujur aja kita gak tau menunya apa aja di sini. Satu hal yang harus kalian tau adalah, di sini rame banget. terdiri dari satu meja panjang di dalem ruangan dan kursi panjang di kedua sisinya, dan beberapa meja kecil di luar. Di meja panjangnya ada apa yaaaa?
Suguhan yang sangat wadidaw
Di meja itu ada banyak banget jenis camilan. Mulai dari pempek, lupis, gorengan, donat, kue-kue khas Palembang, dan banyak lagi sampe pengen nyomot semuanya aja :(. Ketika sadar diri kesini mau makan besar, maka niat nyomot camilan kita batasi gak terlalu banyak agar supaya makan besarnya terasa nikmat.

Sesaat setelah kita duduk, kita langsung pesen 4 porsi menu sarapan khas di sana. Ini kita semua baru denger ya nama-nama makanan itu. Nah 4 makanan khas untuk sarapan di Palembang adalah :
a. Rakit Warkop Medina
b. Burgo Warkop Medina
c. Laksan Warkop Medina
d. Celimpungan Warkop Medina

Mohon maaf sekali fotonya ga ada di aku. Ada di temen-temen lain. Aku ceritain aja ya hehehe. Semua menu makanan di atas enak-enak banget. Kita berempat punya favoritnya masing-masing. Kesamaan dari semuanya adalah berkuah, mirip lontong sayur. Ada yang bahan dasarnya lontong, ada yang tepung beras dan ada yang roti cane atau roti maryam. Kita makannya estafet dan oper-operan sampe semuanya ngerasain hahaha. Kalo orang aseli Palembang, biasanya pesen campur alias gabungin 2 atau lebih menu di satu piring. Luar biasa Palembang ini, terutama warkop medina-nya. Satu porsinya pas banget untuk sarapan, gak terlalu banyak tapi cukup ngenyangin.

17. Duren Lapangan Hatta
Lokasi : lapangan Hatta
Harga : 20k
Opini : Dari awal ke Palembang, udah direkomendasiin makan duren di Pasar Kuto, harganya 10k/buah. Namun karena satu dan lain hal, kita gak jadi makan duren di sana. Setelah dari Pasar Kuto, kita ke lapangan Hatta mau nyoba martabak har (keempat). Nah sambil nunggu martabak mateng, aku sama temenku beli duren karena udah ngidam banget. Parah enak banget durennyaaaa. Sebenernya sama aja kaya duren lain, yang spesial adalah di Palembang ini gak ada musim duren alias tiap hari itu selalu ada duren entah impor darimana. Bayangin tiap hari kita bisa makan duren enak banget tanpa harus nunggu musimnya waduhhhh bahagia.

18. Martabak Har (keempat)
Lokasi : Lapangan Hatta
Harga : 20k
Opini : Ini martabak rekomendasi juga ya. Pembeda dari martabak sebelumnya adalah kita pesen martabak isi sayur. Sayur di sini adalah daun bawang dan kentang. Yesss enak gak perlu diragukan. Bayangin martabak isinya sayur sama potongan kentang, pake kuah kental gitu omg.


19. Es Kacang merah Mamat
Lokasi : deket gapura, sekitar lapangan Hatta
Harga : 15k-20k (ini aku lupa)
Opini : Saran aku, kalo mau beli ini sekalian liat cara buatnya. Yang paling spesial itu ya cara pembuatannya. Waktu itu aku tepar karena emang ga enak badan, jadi nunggu di mobil aja. Begitu temenku masuk mobil habis beli es kacang merah mamat ini, langsung ditunjukin video pembuatannya. Gokil! Abangnya kaya punya kekuatan gitu, super magic. Sayang sekali lagi, videonya ga ada di aku. Oya ternyata es kacang merah mamat ini kaya es campur gitu. Ada alpukatnya juga. Enak bener suer.

Akhirnya petualangan di Palembang selesai, amat sangat puas karena aku gak nyangka bisa punya visi misi yang sama bareng temen-temenku itu. Sifat-sifat dasar kita sama banget masalah makanan. Diantara kita gak ada yang takut gendut (aku paling gendut, tapi waktu itu ga takut haha), gak masalah makan cuma sedikit-sedikit demi nyobain banyak menu, ga cepet puas atau cepet capek demi jalan kaki nyari makanan khas bahkan pulang larut malam, ikhlas patungan buat beli makanan apa aja. Itu paling bikin aku bersyukur sih selama 4 hari di Palembang kemarin. I couldn't ask for more.

menerima ajakan kulineran,


karunika d.

Comments

Popular posts from this blog

My life directly is directed by the Director..

Renjana.

rokok itu jahat