etijing


Etijing  (entahlah tapi emejing)
Gue tita otw 19 tahun, nekat nyodok mata kuliah etijing atau etika enjiniring bahasa aslinya. Gue Cuma kira2 ber7 seangkatan yang ambil matkul ini smt 2. Jadi etijing itu diwajibkan pada semester 6 atau semester 8. Kenapa gue semester 2 ? karna gue nekat. Trims. Okay ga nyangka juga gue bersama 5 temen cw seangkatan gue masuk kelas untuk pertama kalinya. Liat-liat sekeliling. DAMN! Cowo semua. Tua. Muka stress. Itu kesan pertama gue dikelas ini. Ini gabungan seteknik. Jadi yg mukanya kaya mesin, kaya bahan kimia, kaya pabrik industry kaya solder kaya beton kaya pensil atau kaya material ada disini. Kelas isinya sekitar lebih dari 60 orang dengan jumlah cewe hanya sekitar 7 orang. Sekali lagi trims. Mata kuliah ini ga pernah yang namanya buka pasal-pasal atau peraturan mana yang menunjukan kita harus beretika sebagai enjiner. Kita Cuma harus berbuat tindakan NYATA.

Semua dimulai disini.

Professor itu memberi tugas pertama untuk membagi kelas menjadi kelompok yang terdiri atas 5 orang. Udah ga ada harapan cw bakal 1 kelompok semua. Insting gue sebagai cewe adalah muterin kepala sampe 360 derajat buat liat-liat cowo yang mukanya rada bener dan berdoa semoga sekelompok. Tapi udh 720 derajat gue bergerilya, ternyata NIHIL. Satu kalimat yang mewakili semuanya adalah “mukanya gak ada yang bener”. Gue bersama temen2 gue pasrah dapet siapapun temen sekelompoknya.

TADAAAAA!

Gue dikelompok 8. Bersama imam aryo mochtar bayu. Gue ga kenal semua. Pengumuman kelompok lewat email. Boro2 tau departemen lain, imam aja yang sedept sama gue, gue gatau. Untung imam dengan cerdasnya langsung ngefollow twitter sama add fb gue. HAHAHA kepo nih si imam. Oia jadi imam itu elektro 08, aryo metal 09, mochtar mesin 09 dan bayu kapal 09. Proyek pertama kita lancar mewawancarai kaum marginal. Gue bareng bayu mochtar. Si imam berdua aryo (ciyeeeh).


(ki-ka) kak bayu, kak mochtar, gue, kak imam, ka aryo

Semua terasa lancar-lancar saja. Tapi belum ada keakraban disini. Cuma sekedar ngerjain tugas, beres, kelar. And I don’t even care what they were doing.
Sampai tiba dimana proyek besar harus dimulai

Ini proyek ga main2. Kita harus bikin sesuatu yang berguna bagi masyarakat dengan budget sedikit tapi manfaat segudang. Pas ngumpul kelompok kita mulai akrab. Banyak bercanda. Banyak ketawa. Yah selera humor kita udah mulai sama. Kebanyakan bercanda ujungnya kita ga ada ide apa apa. Idenya Cuma ceplas ceplos tanpa ada kejelasan.
Imam : *ngasih ide*
Bayu : *ngasih jempol*
Gue : *ngasih ide*
Bayu : *ngasih jempol*
Mochtar : *ngasih ide*
Aryo : *ngasih ide*
Bayu : *ngasih jempol*
Semua : *gabungin ide* >> kita bikin pelatihan robot, trus bagiin sandal jepit ke anak jalanan, yang bagiin robot, atau bikin koperasi tukang ojek yang ngejalanin robot. *ini ga jelas, skip. Trims*

Sampai pada akhirnyaaaaaaaaa kita mau bikin cek kesehatan gratis. Kerja bareng anak FIK sama FKM.
Anggota lelaki : “setuju tuh sama anak FIK atau FKM, sekalian cari jodoh”
Gue : “oia bener gue juga mau”
Anggota lelaki : “apaan lu ikut-ikut, yg tua duluan lah”
Okay gue terbully. *rol depan belakang sambil nangis*

Pertemuan berikutnya ngomongin rencana. Entah kenapa mungkin gue lagi sial. Topik bahasan kali ini bukan tentang proyek. Tapi tentang sodok menyodok mata kuliah. Gue dibully gara2 baru smt 2 tapi udh ambil mata kuliah ini. Gue pasrah. 4 lawan 1. Tapi gue ga dendam. Ini Cuma bagian dari pengakraban diri. Kalo mau ada obrolan harus ada yang dibully. Dan gue gapapa jadi orang itu.
HAHAHAHAHA ga penting abis nih, maap.

Karena ada satu dan lain hal. Kelompok gue jadinya cek golongan darah disuatu MTS. Gue sama imam bagian urus tempat. Bayu ke FIK. Aryo ke FKM. Mochtar gatau ngapain. Candaaa deeeng dia ngapa-ngapain Cuma gue yg gatau.
Masalah tempat lancar. Gue sama imam udah kaya dua sejoli boncengan naik motor. Sepanjang jalan ketawa-ketawa nyanyi-nyayi ampe diliatin orang-orang. Ga peduli. Gue mulai klik ama si ketua kelompok ini. Kalo ada yg gue ga suka, gue ngomong ke imam. Imam semangat banget, dia smt 8 takut ga bisa lulus tahun ini. Wajar. Udah tua. Belom punya jodoh. Ga penting. Gue bolak balik sama imam ngurus tempat. Dijalan imam curhat ttg seseorang yg blm bisa doi lupain. Imam galau. Gue kata-katain. Imam seneng, gue minta beli pop es.

Rapat berikutnya dikantek. Semua panik. Ini hari rabu. Acara hari sabtu. Mau gamau harus mau. Bayu nelpon anak FIK. Imam mupeng .
B : *nelpon anak FIK*
G : ih modus banget
B : “WAHIDIN WOY namanya, modus dari mana?!”
G : *ngomong ke imam*kak imam tuh ka bayu modus nelpon anak FIK
I : “wah siapa namanya?” *excited *
G : “WAHIDIN HAHAHAHA”
I : *diam sejenak* “ cewe apa cowo?”
G : “menurut looooo?? WAHIDIN!  WA-HID-DIN
I : “OHH”
Dengan pembicaraan ini, wahidin menjadi trending topik dikelompok.

 HARI H PUN TIBAAAAA
Imam panik gara-gara masih banyak yg belom disiapin. Kaya surat berstampel, spanduk, transport, poster, konsumsi, dll. Tapi perlahan-lahan semua itu sirna. Surat udah diprint mochtar tinggal stampel. Spanduk , poster, konsumsi udah diurus aryo. Dan ternyata bayu bawa mobil juga. Hassssh semua kelar. Gue terharu sama kelompok ini. Mereka bener-bener ngebantu satu sama lain. Bener-bener melengkapi :”). Jadi mobil gue isinya anak FIK dan FKM 6 orang cewe semua. Mobil bayu ada imam aryo mochtar dan tentu saja WAHIDIN. *gatau kenapa pake capslock*
Sebelum berangkat gue sama imam ambil stampel dulu , dan imam pun jujur.
I : “asem nih si bayu, masa mobil isinya cowo semua, dikerjain gue”
G : “HAHAHAHA makanya ikut mobil gua, eh tapi kan ada wahidin”
I : “menurut loo??WAHIDIN mau gue apain???”

Okay kita berangkat dengan formasi mobil gue cewe semua, mobil bayu cowo semua.
Acara berjalan sukses tak terkira!!!. Di sela-sela acara gue merasa terpinggirkan oleh anak2 FIK dan FKM. Cowo-cowo pun pada modus ke anak-anak FIK FKM. Gue cuek aja. Gapapa namanya juga anak teknik jarang liat cewe, dan anak2 FIK FKM jarang liat cowo.

Berikutnya anak-anak FKM entah kenapa ngajak makan bareng di kantek (kantin teknik). Gue gatau ini modus atau apa. Yang jelas cowo-cowo kelompok gue seneng. Gue disini ga professional. Merasa kalah saing sama cewe-cewe FIK FKM, gue ga ikutan. Gue ngumpet di wc ampe mereka pergi. Gue nyebur kolam ampe mereka ilang. Gue lompat dari jembatan ke danau. Lebay. Gue Cuma beralasan dengan nonton pertandingan di lapangan di sebelah kantek. Selesai.

Comments

Popular posts from this blog

My life directly is directed by the Director..

Renjana.

rokok itu jahat