Temen Curhat Tipe 4


Menyerahkan semua ke allah...(angle face)

Tipe ini ga bergantung pada posisi dia sebenernya. Mau dia kenal sama lo, kenal sama object curhatan lo, atau ga kenal sama object curhatan lo, atau ga kenal sama lo (yg ini gak mungkin, masa lo curhat sm org yg ga kenal sm lo hahaha). Tipe ini akan menyerahkan semua ke allah. Maksudnya bukan pas lo curhat “eh gue gini….” Trs dia langsung jawab “serahkan semua ke allah”…ya ga gitu juga hahaha. Tipe ini bersikap tenang dan tidak mau ambil pusing. Selalu melihat dari sisi positif dan gak mau banyak mikir hal yang gak penting. Selalu bersyukur, dan berbaik sangka (husnudzon). Nah ini nih yang gue bilang menyerahkan semua ke allah. Lo curhat ya curhat aja awalnya panjang lebar, dia bakal dengerin dulu tuh dengan sabar dan memperhatikan setiap kata dicurhatan lo. Mungkin dia bakal nanya-nanya sedikit tentang objek curhatan lo itu. Dia bisa labil, tapi ga selabil kaya tipe pertama. Dia netral kaya tipe kedua, Cuma dia lebih memperhatikan keadaan kita. Dia ga bakal frontal ngehina kita atau ngeledekin kita pake kata-kata menohok. Dia menghargai kita banget deh. Dan cara dia menanggapi semua curhatan adalah berdasarkan sifat-sifat baik allah. Tapi jelas ga sesempurna Allah. Dia berusaha menunjukan kalo kita salah dengan cara yang baik dan kata-kata yang halus. Dikemas dalam kondisi bercanda meskipun artinya dalem banget.

Pengalaman gue sama tipe  ini adalah…..dia kenal sama si objek curhat. dia lumayan deket sama si objek. Gue curhat ya dia biasa. Dengerin dengan seksama, ngasih tanggepan dengan kata-kata baik. mengarahkan ke kita harus gimana. Ngebuat kita tenang. Jadi gini, gue itu orangnya khawatiran banget sama orang, apa lagi tau orang itu lagi sakit yang bisa kambuh tiap saat, pokoknya keadaan orang itu dan lingkungannya bisa banget bikin khawatir. Gue Cuma bisa berkeluh kesah karena ga dikabarin sama si objek yang dicurhatin ke tipe 4 ini. dengan santai si tipe 4 menanggapi “tenang aja, dia udah ada yang jagain kok”……artinya “tenang aja, Allah bakal selalu jagain dia, ga usah khawatir”….udah. mau khawatir apa lagi? Langsung plong. Kedua gue berkeluh kesah karena ngerasa dimainin, diboongin, semacamnyalah. Misalnya bbm gue ga dibales lamaaaaa seharian, gue suudjon, ngadu ke tipe ke-4. Tipe 4 jawab “kalo udah dewasa, harus selalu positif thingking loh ya, ga baik loh negative thinking, mungkin dia lagi sibuk atau ada masalah”. Nah langsung malu deh kalo udh digituin. Oia ada juga, waktu gue uring-uringan bete setengah mati gara-gara gebetan (si objek curhat) bawa cewe asing (diluar komunitas) pas ketemuan sama komunitas gue dan si objek. Ngadu lagi ke tipe 4. Jawabannya? “mending bawa cewe, daripada bawa cowo”, “siapa tau temennya doang”, “siapa tau sodaranya”, “siapa tau sahabatnya”. Langsung tenang. Bener-bener gamau ambil pusing dan selalu positif thinking.

Dan voialaaaa! Setelah curhat dengan tipe ini. dari semua tanggepannya. Kadang gue bener-bener meminta hadist-hadist gitu ke dia. Karena emang tipe ini selalu dibarengi dengan iman dan ilmu agama yang lebih. Kadang juga waktu lagi bête-betenya, dia nyuruh solat dulu sebelum curhat. hahaha. Jempol. Tapi negatifnya sih, meskipun lo tenang karena menyerahkan semua ke allah, bakal tetep ada kan rasa khawatirnya. Dan tipe ini cenderung menenangkan, dan mendukung solusi apa yg mau lo lakuin. Intinya dia ga ngasih 1 saran mutlak kaya tipe sebelumnya. Dia Cuma “ikutin aja apa kata hati lo”. Kelar.

Comments

Popular posts from this blog

My life directly is directed by the Director..

Renjana.

rokok itu jahat