nikahan

Selamat pagi!

Pagi tadi gue baca suatu artikel yang menarik tapi karena bacanya masih ngantuk, gue bakal baca lagi nanti dengan lebih fokus, silakan baca disini. Artikel itu membuat gue ingin menulis ini.

Sejak tingkat 3 kuliah, gue sudah mendoktrin orang-orang disekeliling gue kalo gue mau nikah cepet. Meskipun target 25 tahun itu bukan termasuk yang cepet juga, wajar aja. Yes I proudly declare that my life goal is having such a lovely family. Entah keyakinan darimana, gue merasa menikah dan berkeluarga adalah sebenar-benarnya tujuan hidup gue. Gue mau kok jalan-jalan keliling dunia, punya karir bagus, punya rumah, punya mobil, bahagiain orang tua dan sebagainya. Tapi gue merasa kebahagiaan hakiki gue itu ya berkeluarga. Menurut gue gampang aja kalo mau nikah itu, sesuai islam, bisa dibuat mudah makanya gue lantang banget bilang mau nikah seenteng itu~

BUT THE REALITY IS..

Setelah melewati tahap ga punya calon (masalah terbesar ketika mau nikah), gue mulai terbuka matanya karena muncul masalah lain setelah punya calon. Masalah restu orang tua menurut gue bisa diperjuangkanlah, insyaallah. Lanjut ke masalah lain, yang lebih nyata. R.E.S.E.P.S.I. Abang gue akan nikah Agustus 2017, kenyataannya adalah biayanya lumayan besar karena ada acara ngunduh mantu which is yg mau sebenernya orang tua dan keluarga, abang gue sih ga pengen. Ketika gue meminta ke mamih buat nikah taun depan (yang selalu gue minta tiap gue pulang ke Jakarta, tiap nyiapin nikahan abang, tiap sebelum tidur dan tiap ada kesempatan), finally mamih ngomong masalah ekonomi. HAHAHA. Di pikiran mamih, belum lunas nih nikahan anak pertama, taun depan anak kedua udah minta aja, nabungnya kapan wkwkw (maap ya mih). Gue pernah berharap mau resepsi mewah dan lain-lain kaya anak cewe kebanyakan. Cuma diri gue yang sama berani bilang bersedia nikah di KUA aja yang penting halal. Nikah di KUA pas weekday itu gratis, fyi. Bukan gue mengandalkan uang orang tua, gue mau banget kerja punya duit namanya mau berkeluarga ya, tapi masalah resepsi ini bukan hal yang bisa semau gue, pasti keinginan keluarga gue harus diturut andilkan. Yes, another problem.

Another problem,

Ayah itu kerja di perusahaan pelayaran, jarang di rumah kecuali kapalnya emang ke Jakarta. Pegawai swasta yang gabisa cuti seenaknya. Taun ini ayah cuti buat nikahan abang dan insyaallah wisuda gue. Kalo taun depan gue mau nikah, ayah belum tentu bisa cuti lagi. Minimal ada jarak setaun bahkan dua tahun. HAHAHA. Ketika ngomongin ini sama mamih, gue berusaha tertawa dan mencaci diri gue sendiri sekaligus, kok bisa ga pernah mikir gini.  Those are the considerations.

AND HERE I AM,

Gue tetep mau nikah secepetnya, tapi lebih realistis. Gue masih memperjuangkan lulus kuliah dalam 3 bulan kedepan, kemudian mau kerja dan cari rupiah buat nikah. Lelaki yang sedang gue perjuangkan pun, masih berjuang lulus kuliah juga, kemudian kerja dan cari rupiah juga. Jalan di depan masih super panjang, gue udah ga ngoyo target taun depan, tapi masih berusaha mengusahakan. Gimanapun hasilnya, at least gue ga menyesal karena semua yang gue lakukan ini gue anggap sebagai bagian dari tindakan nyata untuk mewujudkan tujuan hidup gue.


Sehat selalu ya semua,

-karunika

Comments

Popular posts from this blog

My life directly is directed by the Director..

Renjana.

rokok itu jahat